Ragu dengan Lantai Vinyl? Berikut Kekurangan dan Kelebihannya

Lantai Vinyl, Solusi Bagi Anda yang Ingin Memberi Tampilan Baru Pada Hunian

Apakah Anda akan membangun rumah atau melakukan renovasi rumah? Saat menata rumah, pasti Anda ingin menggunakan bahan material berkualitas, termasuk penutup lantai. Kebanyakan rumah modern saat ini menggunakan keramik sebagai penutup lantainya. Warna, ukuran hingga motif begitu banyak, hal tersebut membuat keramik menjadi salah satu material yang banyak dipilih. Tetapi, bila Anda ingin memiliki rumah dengan tampilan baru, bahan penutup lantai yang bisa coba Anda  gunakan adalah lantai vinyl.

 

Sekilas Tentang Vinyl

Vinyl merupakan pelapis lantai yang terdiri atas tiga lapisan utama seperti printed layer, fiber glass serta compact layer. Pada lapisan paling atas, vinyl sangat mirip dengan busa, sehingga Anda akan diberikan rasa nyaman, tak hanya itu, pada lapisan utama, kehangatan akan begitu terasa. Sedangkan, di bagian dalam, lapisan dibuat agar mudah tertempel di keramik.

Karena penggunaannya sebagai pelapis, lantai ini biasanya digunakan di atas keramik, motif yang sering digunakan adalah bebatuan dan kayu, dengan banyaknya motif yang ditawarkannya, kita bisa dengan mudah menggantinya ketika bosan dengan satu motif. Biasanya, vinyl digunakan sebagai pelapis lantai mulai dari 15 tahun sampai 20 tahun.

 

Kelebihan Lantai Vinyl

Sebagai sebuah bahan material, vinyl memiliki berbagai kelebihan yang harus Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, seperti:

 

1. Pemasangan sangat mudah

Pemasangan vinyl dilakukan menggunakan perekat seperti lem, oleh sebab itu, pemasangannya cukup mudah, apalagi jika Anda memiliki hunian dengan banyak sudut serta tidak mudah dijangkau oleh jenis penutup lantai lain. Bentuk vinyl dapat disesuaikan dengan dimensi lantai, bahkan motif pun dapat disesuaikan sehingga lantai bisa terlihat utuh,

 

2. Kuat dan fleksibel

Vinyl menggunakan lapisan fiber glass, lapisan ini lebih fleksibel serta memiliki ketahanan begitu tinggi. sifat vinyl yang gampang dibentuk juga dapat dengan mudah mengikuti permukaan lantai rumah.

 

3. Harga yang ekonomis

Berbeda dengan material lain, vinyl memiliki harga yang lebih murah, harga vinyl murah inilah yang membuatnya banyak dijadikan sebagai pilihan, selain itu toko jual lantai vinyl berbagai macam motif juga mudah ditemukan, entah secara online atau pun offline,

 

4. Perawatan mudah

Jika lantai lain membutuhkan perawatan khusus, vinyl tidak demikian, vinyl mudah dirawat, untuk membersihkannya, Anda hanya perlu mengepel dan menyapu secara teratur.

 

Kekurangan Vinyl Lantai

Meskipun kelebihan yang diberikan cukup banyak, vinyl juga memiliki kekurangan, seperti:

 

1. Tak dapat diperbarui

Saat vinyl rusak atau terkena benda tajam, vinyl akan terlihat jelek. Bila sudah demikian, tidak ada yang dapat dilakukan selain melakukan penggantian, hal ini akan merepotkan, apalagi bila Anda menggunakan vinyl roll,

 

2. Mudah tergores

Vinyl memiliki lapisan yang sangat lembut sehingga mudah tergores, bila Anda menata barang di atas vinyl, hindari untuk menggesernya terlalu kuat, agar vinyl tak rusak,

 

3. Menempel maksimal hanya saat ditempel pada keramik

Kekurangan vinyl yang lainnya adalah, vinyl hanya dapat menempel maksimal ketika Anda menempelkannya pada keramik. Vinyl memerlukan permukaan yang benar-benar bersih serta rata. Sehingga, bila Anda sedang membangun rumah, bisa jadi biayanya akan berlipat ganda.

 

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan lantai vinyl, pertimbangkan dengan baik, apalah Anda ingin menggunakan bahan ini. Jika menggunakannya, pastikan untuk memilih jenis vinyl yang mudah dipasang dan mudah diaplikasikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *